^_^

beauty is not about looks, make-up or clothes. true beauty comes from being yourself, the more you show who you really are the prettier you will be

Sunday, June 26, 2011

Kecerdasan Majemuk

Pada 1989,psikolog asal Amerika bernama Howard Gardner mengidentifikasi 8jenis kecerdasan dalam Kecerdasan Majemuk. Semua kecerdasan ini sama berharganya,tak ada satu kecerdasan yang lebih tinggi dibanding yang lain. Masing2 pribadi dapat memiliki sekitar 3jenis kecerdasan.
Berikut adalah penjabaran singkat tentang kecerdasan majemuk:
1.Kecerdasan Linguistik (word smart)
Seseorang yang cerdas bahasa sangat nyaman berkomunikasi,mengemukakan pendapat,mengurai pemikiran dan perasaan,melalui kata2. Sangat suka 'bermain' dengan kata2,merangkai kata&kalimat,menuangkan ide dalam berbagai bentuk tulisan.
2.Kecerdasan Musikal (music smart)
Kecerdasan musikal biasanya ditandai dgn minat besar thd musik,penggubahan musik,bermain alat musik. Orang dgn kecerdasan ini selalu begitu mdnikmati saat-saat ia bersentuhan dgn musik.
3.Kecerdasan Matematis (logic smart)
Dengan kecerdasan ini seseorang selalu memikirkan segala detail data,angka,statistik,fakta,yg berkaitan dengan segala informasi yg diterimanya.Lalu dgn bantuan segala data tersebut ia berusaha menganalisis masalah yg dihadapinya.
4.Kecerdasan Spasial (picture smart)
Kecerdasan ini diwakili dgn kemampuan lebih untuk membayangkan dan kemudian menggambarkan secara detail,akurat,dan indah,segala informasi yg diterimanya. Orang ini dikaruniai Tuhan bakat spesial untuk menuangkan pikiran dalam goresan dan karya tangan.Bisa berupa lukisan atau kerajinan tangan 5ain.
5.Kecerdasan Kinestetik (body smart)
Seseorang yg memiliki kecerdasan kinestetik sangat baik mengendalikan gerakan,keseimbangan,koordinasi,dan ketangkasan tubuh. Umumnya menyukai aktivitas fisik.
6.Kecerdasan Interpersonal (people smart)
Kecerdasan interpersonal ditandai dgn kehangatan pribadi seseorang sehingga mudah menjalin relasi dgn orang lain. Orang2 dengan kecerdasan ini memiliki banyak teman dan menyukai komunitas atau kumpulan orang. Diantara pribadi2 lain,ia bisa memberi dan mendapat masukan berharga dari yg lain.
7. Kecerdasan intrapersonal (self smart )
Ini adalah kecerdasan seseorang untuk berkomunikasi secara mendalam dgn diri sendiri. Ia dapat mengeksplorasi jauh ke dalam diri dan bercermin pada diri sendiri dgn sangat jelas.
8.Kecerdasan Naturalis (nature smart)
Bagi yg memiliki kecerdasan alam,segala sesuatu yg alami adalah sahabatnya,sebaliknya segala kondisi buatan kurang mengena baginya. Orang ini selalu merasa dekat dgn ciptaan Tuhan.