^_^

beauty is not about looks, make-up or clothes. true beauty comes from being yourself, the more you show who you really are the prettier you will be

Thursday, May 20, 2010

Penggunaan Strategi Think Talk Write Sebagai Suatu Strategi Pembelajaran

Suatu strategi pembelajaran yang diharapkan dapat menumbukembangkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa adalah strategi think-talk-write(TTW). Strategi yang diperkenalkan oleh Huinker&Laughlin ini pada dasarnya dibangun melalui berpikir,berbicara&menulis. Alur kemajuan strategi TTW dimulai dari keterlibatan siswa dalam berpikir atau berdialog dengan dirinya sendiri setelah proses membaca,selanjutnya berbicara dan membagi ide (sharing) dengan temannya sebelum menulis. Suasana seperti ini lebih efektif jika dilakukan dalam kelompok heterogen dengan 3-5 siswa.
Aktivitas berpikir (think) dapat dilihat dari proses membaca suatu teks matematika atau berisi cerita matematika kemudian membuat catatan apa yang telah dibaca. Kemampuan membaca,dan membaca secara komprehensif (reading comprehension) secara umum dianggap berpikir,meliputi membaca baris demi baris (reading the lines) atau membaca yang penting saja (reading between the lines) (Wiederhold,1997).
Setelah tahap think selesai dilanjutkan dengan talk yaitu berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata dan bahasa yang mereka pahami. Talking membantu guru mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam belajar matematika.
Selanjutnya fase write yaitu menuliskan hasil diskusi pada lembar kerja yang disediakan. Menulis dalam matematika membantu merealisasikan salah satu tujuan pembelajaran, yaitu pemahaman siswa tentang materi yang ia pelajari (Shield&Swinson,1996).
Sumber:
Martinis Yamin&Bansu I. Ansari., 2009., Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa., Jakarta., Gaung Persada Press

No comments: