^_^

beauty is not about looks, make-up or clothes. true beauty comes from being yourself, the more you show who you really are the prettier you will be

Thursday, February 03, 2011

Memotivasi Siswa (Materi Trigonometri)

Seorang guru pasti tidak asing lagi dengan kata2 'memotivasi siswa'. Dalam RPP yang dibuat, biasanya ada langkah 'Guru memotivasi siswa untuk belajar dengan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari2'. Nah,biasanya lagi nih,kebanyakan calon guru,mungkin juga beberapa yang udah jadi guru agak susah mencari kaitannya pada beberapa materi tertentu.
Khusus untuk matematika,saya berikan satu motivasi untuk materi Trigonometri,yaitu sbb:
seorang pilot harus dapat membaca alat2 pemberi informasi dalam pesawatnya. Alat2 tersebut akan membantu pilot untuk menjaga kelurusan dan kedataran terbang pesawat serta menjaga arah dan ketinggiannya.
Salah satu alat tersebut adalah indikator petunjuk cakrawala. Alat ini berfungsi untuk menunjukkan letak pesawat udara. Alat ini akan memberikan informasi berapa derajat pesawat naik ataupun kemiringan pesawat dalam lintasan terbangnya. Besar derajat yang dimaksud adalah ukuran sudut yang terbentuk antara garis arah pesawat dan garis cakrawala.
Apa yang dimaksud dengan ukuran sudut? Bagaimana cara menentukan ukuran sudut? Mari kita pelajari Trigonometri.
Itulah kira2 motivasi yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.